Penyebab dan Cara Mengatasi Kucing Agar Mau Makan [Terbukti Efektif]

author photo Januari 24, 2020
Cara Mengatasi Kucing Agar Mau Makan

Jika kita memiliki kucing dan tiba-tiba ia tidak mau makan, bahkan ia lebih suka tidur terus-terusan, pasti rasa khawatir akan muncul bukan? Atau mungkin kucing kesayangan kita yang biasanya ceria, tiba-tiba hanya mau minum dan tidak mau mendekati makanan yang disediakan sama sekali.

Pasti kita penasaran ada apa dengan si kucing dan mencoba segala cara agar kucing mau makan.

Cara Agar Kucing Mau Makan, Cari Penyebab GTM-nya!

Ternyata bukan hanya anak bayi yang bisa GTM (gerakan tutup mulut) alias tiba-tiba tidak mau makan sama sekali. Kucing pun bisa mengalami GTM. Saat kucing tidak mau makan dan minum, sebagai pemiliknya biasanya kita cenderung panik dan mengusahakan segala cara agar perutnya tidak kosong.
penyebab kucing tidak mau makan


Justru itulah kesalahan terbesarnya!

Jika kucing tidak mau makan, hal pertama yang harus kita cari tahu adalah penyebabnya. Dari penyebabnya, kita bisa mengetahui langkah apa yang harus kita lakukan agar kucing mau mengkonsumsi makanan.

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan kucing jadi malas makan, di antaranya:

1. Stress

Jika kucing kita biasa hidup berkelompok dengan keluarga besarnya, namun mendadak harus hidup terpisah karena saudara-saudaranya diadopsi oleh orang lain atau karena kita mengajaknya pindah ke tempat baru, si kucing bisa merasa stress.

Sama halnya dengan manusia, kucing bisa merasakan sedih dan merasa kesepian. Ketika hal itu terjadi, maka kucing mulai kehilangan selera makan dan bermalas-malasan.

Jika stress yang menjadi penyebab kucing kita tak mau makan, kita bisa menghiburnya dengan cara mengajaknya bermain. Apalagi jika kucing kita masih anakan, dia akan senang sekali diajak bermain tali, bola dan jenis mainan lainnya.

Saat stress-nya mereda dan si kucing kembali bahagia, selera makannya pun perlahan akan muncul kembali.

2. Bosan dengan Makanannya

Penyebab kedua yang paling umum kenapa kucing tidak mau makan yaitu bosan dengan makanannya. Coba perhatikan bagaimana gelagat kucing kita saat mendekati makanan tersebut. Jika awalnya ia nampak bersemangat ketika kita menyiapkan makanan untuknya, namun setelah mengendus dan mencicipi sedikit makanan itu lalu mendadak berhenti. Bisa jadi penyebab si kucing tidak mau makan karena ia merasa bosan dengan makanan yang itu-itu saja.

Jika ini yang terjadi, cara agar kucing mau makan yaitu cukup dengan mengganti jenis makanannya. Jika biasanya anak bulu kita makan makanan instan khusus kucing, coba sesekali kita buatkan nasi yang dicampur ikan pindang segar.

Atau makanan apapun yang belum pernah ia coba dan disukai oleh si kucing. Siapa tahu nafsu makan kucing akan meningkat karena aroma pindang yang menyengat.

3. Perubahan Cuaca

Kucing termasuk hewan yang menyukai cuaca hangat. Ketika cuaca sering berubah seperti akhir-akhir ini; kadang cuaca menjadi sangat dingin dan tiba-tiba esok harinya cuaca menjadi sangat panas, tubuh kucing menjadi tidak nyaman. Karena tubuhnya sedang tidak nyaman, ia pun malas untuk makan.

Saat seperti ini, kita perlu memberikan si kucing asupan mineral yang cukup. Jangan sampai kucing dehidrasi. Kita juga bisa membeli vitamin untuk kucing agar daya tahan tubuhnya meningkat. Ketika daya tahan tubuhnya baik, selera makannya pun bisa kembali normal.

4. Tempat Makan Lembab

Kucing adalah salah satu hewan yang sangat menyukai kebersihan. Makanya dia akan kehilangan selera makan ketika tempat makannya lembab dan kotor. Jika hal ini yang menjadi penyebab kucing kita tidak mau makan, satu-satunya cara agar kucing kembali mau makan adalah membersihkan tempat dan area makannya.

Ketika tempat makannya sudah terasa nyaman, selera makan si kucing pun akan meningkat dan kita akan bisa melihatnya kembali ceria seperti sediakala.

5. Sakit

Penyebab lainnya yang bisa membuat kucing malas makan yaitu ia sedang kesakitan. Salah satunya bisa jadi karena sakit pencernaan yang mengganggu. Bisa dilihat dari jenis buang air besarnya, apakah mencret atau normal. Jika kucing mengalami mencret terus menerus, tentu saja tubuhnya menjadi tak nyaman dan membuatnya malas makan. 

Selain sakit pencernaan, kucing juga bisa malas makan karena ada bagian mulutnya yang sakit atau tenggorokannya terkena duri ikan. Yang lebih parah, bisa jadi kucing mengalami jenis-jenis penyakit mematikan, seperti kanker, peradangan pada pankreas atau ada bakteri di dalam ususnya.

Jika penyakit yang menjadi penyebab kucing malas makan, maka cara terbaik agar kucing mau makan yaitu segera membawanya ke dokter agar tertangani dengan baik. Dokter tentu lebih tahu bagaimana mengatasi permasalahan tersebut.

Setelah tahu 5 penyebab mengapa kucing mendadak melakukan GTM, kini kita tidak pusing lagi kan mencari cara agar kucing mau makan? Selamat mencoba! Semoga kucingnya segera sehat ya. Ingat, cari tahu penyebabnya dulu, baru cari solusi untuk mengatasi minat kucing terhadap makanan yang rendah.

This post have 0 komentar


:) :( hihi :-) :D =D :-d ;( ;-( @-) :P :o -_- (o) :p :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ $-) (y) (f) x-) (k) (h) cheer lol rock angry @@ :ng pin poop :* :v 100

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement