Inilah Ciri-Ciri Kucing Anggora Asli, Jangan Sampai Salah

author photo Januari 29, 2020
Ciri-Ciri Kucing Anggora Asli

Kucing anggora menjadi pilihan banyak orang di Indonesia untuk dijadikan hewan peliharaan. Alasannya adalah kucing anggora memiliki bentuk tubuh yang unik dan mempunyai perangai yang lucu. Sangat cocok dijadikan hewan peliharaan di rumah.

Saking banyaknya minat orang untuk memelihara kucing anggora, di negara asalnya, Turki,  kucing ini diperketat peredarannya. Sehingga di Indonesia masyarakat kesulitan untuk menemukan serta membedakan mana kucing anggora asli, campuran atau bahkan bukan kucing anggora.

Untuk itu, pada artikel ini akan diuraikan mengenai ciri-ciri umum dari kucing anggora. Dilihat dari berbagai aspek, seperti harga, bentuk tubuh, tingkah laku dan perlakuan negara asal pemiliki ras kucing anggora.

Ciri-Ciri Kucing Anggora Asli

Seperti dijelaskan di muka, kucing anggora sering kali sulit dibedakan dengan jenis kucing lainnya. Sebab kucing ini diperketat peredarannya dan sudah banyak dikawin silangkan. Dan berikut, beberapa ciri-ciri kucing anggora secara umum, agar bisa tahu mana kucing anggora yang asli dan mana yang bukan.

1. Dilihat dari Harganya

Ciri pertama ini menjadi pembeda dan paling signifikan. Jika ada yang menjual kucing anggora dipasaran maka dipastikan harganya akan mahal. Harga mahal ini dikarenakan peredaran kucing anggora sangat dibatasi di negara asalnya, Turki. Kalau pun dijual, harganya akan sangat tinggi di Indonesia.

Harga kucing anggora yang sudah divaksin dan baru berumur 6 bulan saja, ditaksir per ekornya mencapai Rp 12 - 15 juta. Di sumber lain menyebut, harga per ekor bisa Rp 4 - 15 juta.

2. Bagian Kepala dan Telinga

Pada artikel lucunya kucing anggora ini sudah kami jelaskan bahwa bentuk dari kepala kucing anggora sekilas akan mirip dengan kucing lokal kebanyakan. Seperti segita terbalik, kepala kucing anggora pada bagian atas lebih lebar dan mengerucut mengecil ke bagian dagu. 

Bulu kucing anggora pun pada bagian kepala cenderung tidak lebat atau panjang. Tidak seperti kucing persia yang memiliki banyak bulu pada bagian kepala.

Pada bagian telinga, kucing anggora memiliki bentuk segitiga. Lebar di bagian pangkal telinga dan mengerucut ke atas. Jarak antara telinga satu dan lainnya berdekatan. Ciri lain, seperti sudah dijelaskan di atas, bagian telinga pada kucing asal Turki ini tak memiliki banyak bulu, sehingga kulit dari telingan si kucing bisa terlihat. 

3. Bagian Mata 

Ciri-ciri kucing anggora lainnya terdapat pada mata. Mata kucing anggora berbentuk seperti buah almond; dan cenderung miring ke bagian atas. 

Dari segi warna pun agak berbeda dengan kucing lainnya. Kucing anggora memiliki warna mata yang cukup unik, kebanyakan kuning. Bahkan ada beberapa yang memiliki warna biru. 

Akan tetapi, jika kucing anggora bermata biru, kucing tersebut biasanya tidak bisa mendegar atau tuli.

4. Bagian Tubuh

Bentuk tubuh kucing anggora secara keseluruhan bentuknya sangat bagus, langsing dan ramping.  Pada bagian belakang, akan terlihat lebih tinggi dari pada bagian depan kucing. Selain itu, kucing anggora memiliki struktur tulang yang bagus pada bagian tubuhnya. 

Informasi tambahan, kucing anggora jantan tubuhnya akan lebih besar dari kucing anggora betina.

5. Bagian Kaki

Kucing anggora memiliki kaki yang cukup panjang. Sehingga membuatnya terlilhat lebih tinggi dari pada jenis kucing yang lain.

Kombinasi tubuh langsing dan kaki panjang membuat kucing anggora sangat cantik dan terlihat menggemaskan ketika ia berjalan.

6. Bagian Ekor dan Bulu

Ciri-ciri kucing anggora lain yang cukup kentara terlihat pada bagian ekor. Pada bagian ekor kucing anggora, memiliki bulu yang panjang dan lebat ditambah ukurannya yang cukup panjang.

Ekor ini akan terlihat seperti kemoceng.  Fungsi dari ekor ini sendiri untuk menghangatkan badan tubuh kucing. Ekor akan melingkari tubuh jika suhu di sekitar menjadi dingin.

Bagian bulu menjadi ciri khas lain kucing anggora. Bulu kucing anggora akan menyesuaikan kondisi suhu di lingkungan sekitar. Jika suhu panas, bulu kucing anggora cukup pendek karena beradaptasi dengan cuaca. Sedangkan jika suhu dingin, pertumbuhan bulu kucing anggora akan cepat.

Kucing anggora pada dasarnya memilki bulu yang tidak lebat dan panjang. Pada beberapa bagian saja bulu kucing anggora terlihat lebih tebal dan lebat, yakni bagian leher dan ekor. 


7. Tingkah Laku Kucing Anggora

Terkhir, ciri-ciri kucing anggora asli terlihat dari perilakunya, dimana ia sangat aktif dan suka bermain. Perilaku ini sudah terlihat dari bentuk tubuh kucing yang ramping, langsing dan memiliki kaki panjang.

Maka dari itu, kucing anggora sangat senang jika berada di sekitar pemiliknya untuk berinteraksi dan bermain.

Selain itu, kucing ini cenderung ingin selalu berada di tempat yang lebih tinggi, seperti meja, kursi dan lain-lain. Karena sangat aktif, kucing anggora tidak suka jika dikurung, jika dalam waktu yang lama dikurung kucing ini akan mengalami stres.

Peredaran kucing ini sangat dibatas di tempatnya berasal, Turki. Warganya dilarang keras untuk menyebarlluaskannya ke negara lain. Sehingga, keberadaan kucing anggora di Indonesia cukup langka. Jika ada yang menjual pun harganya akan cukup tinggi karena kelangkaan kucing anggora asli ini.


Akan tetapi, masyarakat luas mengakali keberadaan kucing anggora dengan mengakawinkannya dengan jenis kucing lain. Maka tidak heran, terdapat kucing anggora campur yang harga jualnya cukup jauh dengan kucing anggora asli.

This post have 0 komentar


:) :( hihi :-) :D =D :-d ;( ;-( @-) :P :o -_- (o) :p :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ $-) (y) (f) x-) (k) (h) cheer lol rock angry @@ :ng pin poop :* :v 100

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement