Ciri-Ciri Kucing Hamil yang Harus Kamu Ketahui [Tanda Lengkap]

author photo Februari 18, 2020
ciri ciri kucing hamil

Untuk yang memilihara kucing, ada banyak pertanyaan seperti “kucing hamil berapa bulan” Apakah kucing juga hamil selama sembilan bulan seperti manusia? Jawabannya tentu saja tidak. Masa kehamilan kucing tergolong cukup pendek jika dibandingkan dengan masa kehamilan manusia, yaitu dua hingga dua setengah bulan (58 sampai 67 day).

Tanda atau Ciri-Ciri Kucing Hamil

Sama halnya dengan manusia, selama masa kehamilan ini, kucing juga memerlukan lebih banyak perhatian. Oleh karena itu, jika kamu sedang memelihara kucing betina, penting bagi kamu untuk mengetahui ciri-ciri kucing hamil.
perilaku kucing hamil
perilaku kucing hamil


A. Tanda dari Perilakunya

Salah satu cara untuk mengetahui apakah kucing kamu sedang hamil atau tidak dapat dilihat dari tanda perilaku mereka. Kucing yang sedang hamil biasanya menunjukkan perilaku tertentu yang mana agak berbeda dengan perilaku mereka normalnya. Berikut perilaku-perilaku yang menandakan bahwa kucing peliharaan kamu sedang hamil.

Siklus Birahi yang Berhenti Tiba-Tiba
Kucing normalnya memiliki waktu-waktu tertentu untuk kawin Inilah yang dinamakan siklus birahi, yang mana berlangsung selama satu atau satu setengah bulan sekali dalam kurun waktu tujuh hari. Namun, ketika siklus ini tiba namun kucing kamu tidak menunjukkan sedikit pun hasrat untuk kawin, maka bisa jadi kucing peliharaan kamu sedang hamil.

Suka Mencari Perhatian
Bukan rahasia lagi kalau kucing merupakan makhluk yang manja dan senang dibelai. Namun, jika kamu merasa mereka menjadi lebih manja dan lebih sering meminta perhatian darimu belakangan ini, itu mungkin suatu tanda bahwa mereka sedang hamil. Jika memang benar, sering-seringlah membelai mereka dengan penuh kasih sayang.

Muntah
Sama halnya dengan manusia, beberapa kucing akan sering muntah-muntah di awal kehamilan mereka. Meskipun tidak semua kucing mengalami hal ini, kamu perlu lebih memperhatikan mereka jika kamu merasa kucing kamu terlihat malas makan dan mual-mual.

Namun, karena ada kemungkinan lain bahwa mungkin saja kucing kamu muntah karena sakit, kamu perlu membawa mereka ke dokter untuk segera mengetahui penyebabnya.

Baca Juga : Penyebab Kucing Muntah Muntah
Nafsu Makan Meningkat
Nafsu makan kucing yang semakin meningkat juga merupakan ciri-ciri kucing hamil. Hal itu dikarenakan mereka membutuhkan asupan nutrisi yang lebih banyak untuk janin yang mereka kandung.

Energi yang dikeluarkan oleh kucing betina yang sedang hamil juga lebih banyak, dari biasanya maka dari itu mereka cenderung lebih banyak makan untuk menambah pasokan energi dan protein mereka.

Lebih Protektif
Kucing betina yang sedang hamil biasanya akan menjadi lebih sensitif dan defensive dari biasanya. Hal itu dikarenakan naluri keibuan mereka yang ingin melindungi calon anak-anak mereka dari gangguan gangguan kucing-kucing lain.

Lebih Pendiam
Jika kucing kamu yang biasanya ceria dan lincah tiba-tiba berubah menjadi pendiam, mungkin saja kucing tersebut tengah hamil. Kucing yang sedang hamil biasanya mulai malas bermain-main dan lebih suka rebahan. Jika kucingmu sudah seperti ini, maka kamu harus memberikan perhatian ekstra pada mereka.

Nomaden dan Mulai Mencari Sarang
Kucing yang sedang hamil biasanya enggan menempati tempat tidur yang telah disediakan untuk mereka. Mereka akan memulai berkeliling dan mencari tempat yang mereka rasa aman dan nyaman untuk melahirkan.

Mereka cenderung mencari tempat-tempat yang hangat, seperti di tumpukan kain, dan tempat- tempat tersembunyi. Jika kucingmu menunjukkan gelagat seperti ini, maka bersiaplah karena mungkin  mereka akan melahirkan dalam waktu dekat.

B. Tanda dari Perubahan Fisiknya

Fisik Kucing Hamil
Fisik Kucing Hamil

Terkadang kamu mungkin akan mengalami sedikit kesulitan untuk membedakan apakah perubahan perilaku kucing tersebut disebabkan karena mereka sedang hamil atau tidak. Oleh karena itu, untuk lebih jelasnya kamu memastikan apakah kucing kamu sedang hamil atau tidak, kita bisa melihat ciri ciri kucing hamil melalui perubahan fisik mereka sebagaimana penjelasan di bawah ini.

Perut Membesar
Salah satu tanda pasti jika kucing peliharaan kamu sedang hamil adalah perutnya yang mulai terlihat membuncit. Namun, untuk dapat melihat perubahan ciri fisik ini, kamu harus menunggu hingga kehamilan mereka memasuki usia lima minggu.

Oh ya, sekalian kami jelaskan ya, diluar sana banyak yang mengatakan bagaimana kondisi “kucing umur 5 bulan hamil” ini salah, yang benar adalah 5 minggu, karena masa kehamilan kucing sendiri hanya 2-3 bulanan saja.

Bulu yang Mulai Rontok
Jika bulu kucing kamu yang sedang hamil mulai menipis dan rontak di sana-sini, kamu tidak perlu khawatir. Rontoknya bulu kucing ini, terutama di area sekitar putting, memang wajar terjadi dan kerontokan ini hanya bersifat sementara.

Bentung Punggung Kucing 
Selain perut yang semakin membesar, kucing yang sedang hamil dapat ditandai dengan melengkungnya bentuk punggung mereka. Ciri-ciri kucing hamil yang satu ini menunjukkan bahwa usia kehamilannya pasti sudah tua dan ia akan melahirkan dalam waktu tua.

Keluar Air Susu
Perubahan fisik terakhir yang mana juga dapat memprediksi waktu kelahiran adalah mulai keluarnya air susu dari puting kucing yang sedang hamil. Jika kucing kamu sudah mulai mengeluarkan air susu, maka mungkin dua atau tiga minggu lagi mereka akan melahirkan.

Baca Juga: Begini Cara Memandikan Kucing yang Baik dan Benar

Itulah beberapa ciri-ciri kucing hamil yang dapat dilihat dari perubahan perilaku maupun fisik mereka. Nah, jika kucing kamu mulai menunjukkan perubahan-perubahan sebagaimana yang dijelaskan di atas, itu artinya rumahmu akan segera kedatangan bayi-bayi kucing yang menggemaskan. Sudah siapkah kamu?

Author: Wahyu

This post have 0 komentar


:) :( hihi :-) :D =D :-d ;( ;-( @-) :P :o -_- (o) :p :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ $-) (y) (f) x-) (k) (h) cheer lol rock angry @@ :ng pin poop :* :v 100

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement