Makanan Kucing Hamil Yang Bagus Untuk Kesehatan Janinnya

author photo Februari 24, 2020
Makanan Kucing Hamil

Sama halnya dengan manusia, kucing yang sedang mengandung atau hamil membutuhkan nutrisi lebih dibandingkan dengan ketika tidak hamil. Pemberian makanan kucing hamil yang berkualitas tinggi serta banyak mengandung vitamin dan nutrisi lainnya sangat penting untuk mendukung kucing pada periode kehamilan sampai menyusui.

Malnutrisi pada induk kucing yang kekurangan gizi dan vitamin bisa berakibat buruk pada induk kucing dan janinnya. Malnutrisi pada induk kucing juga bisa membuat berat bayi lahir menjadi rendah. Bahkan jika berlangsung lama dan asupan nutrisi tidak kunjung diperbaiki, bisa menurunkan angka peluang hidup induk kucing dan janinnya.

Nutrisi & Vitamin Yang Dibutuhkan Kucing Hamil

Salah satu cara yang bisa dilakukan pemilik kucing untuk mendukung kehamilan induk kucing adalah dengan memberikan makanan yang banyak mengandung nutrisi dan vitamin yang baik untuk induk dan janinnya. Makanan kucing yang baik untuk diberikan kepada kucing yang hamil adalah makanan yang mengandung beberapa nutrisi dan vitamin berikut :

Vitamin A

Vitamin A sangat penting untuk kucing hamil karena berfungsi untuk pembentukan hormon reproduksi yang menyehatkan kandungan, pembentukan protein yang membantu pertumbuhan janin, serta mengatur pertumbuhan sel untuk pembentukan tubuh dan organ janin.

Vitamin B1, B3, B6, dan B12

Vitamin ini berfungsi sebagai asupan energi pendukung kepada induk kucing untuk melakukan aktivitas sehari-hari.


Baca Juga: Cara Memandikan Kucing Liar agar Nurut

Vitamin C

Vitamin C dibutuhkan induk kucing untuk memperkuat sistem imun atau sistem kekebalan tubuhnya. Kucing yang sedang hamil harus menahan beban tambahan sehingga akan rentan lelah dan terserang penyakit. Oleh karena itu Vitamin C hadir untuk memperkut sistem kekebalan tubuhnya agar tidak mudah sakit serta memberi energi untuk beraktivitas seperti biasa setiap harinya.

Vitamin D3

Vitamin D3 merupakan vitamin yang baik untuk memperkuat gigi dan tulang. Bagi induk kucing kesehatan gigi merupakan hal yang penting agar napsu makannya terjaga sehingga induk kucing cukup mendapatkan asupan makanan, serta tulang yang sehat membuat induk kucing kuat menahan beban kandungannya. Bagi janin, vitamin D3 berguna untuk memperkuat tulang dan gigi calon bayi kucing.

Vitamin E

Sedikit berbeda dengan vitamin C, vitamin E dibutuhkan induk kucing agar mampu menangkal berbagai penyakit dari lingkungan sekitarnya. Vitamin E mengandung antioksidan yang mampu melawan kuman, bakteri, dan virus pembawa penyakit.

Vitamin K

Vitamin K berguna untuk mempercepat proses pembekuan darah pada saat kucing terluka dan melahirkan. Sehingga kucing akan terhindar dari resiko pendarahan berlebih yang menyebabkan kekurangan darah.

Magnesium

Kucing yang sedang hamil umumnya lebih agresif dan sensitif karena stres yang dialami selama masa kehamilan. Magnesium dibutuhkan untuk mengurangi stres pada kucing sehingga menormalkan kembali denyut jantung induk dan janinnya.

Fosfor

Fosfor membantu proses penyerapan nutrisi pada usus agar lebih sempurna, dan memaksimalkan distribusi nutrisi ke seluruh bagian tubuh. Fosfor juga akan memaksimalkan kinerja vitamin dan gizi yang disalurkan kepada janin.

Protein

Protein yang terkandung dalam daging membantu pembentukan sel-sel baru dan membantu pertumbuhan janin secara optimal. Ketika tanda kehamilan kucing udah terlihat, segera beri makanan yang mengandung banyak protein.

Hemoglobin

Kucing hamil harus memiliki sel darah merah yang cukup agar tidak mengalami gejala kurang darah dan lemas karena perubahan hormon. Sel darah merah yang cukup akan membantu menjaga kondisi kucing agar tetap fit seperti biasanya.


Baca Juga: Cara Mengatasi Kucing Muntah Langsung Sembuh

Asam Folat Dan DHA

Merupakan jenis nutrisi yang baik untuk mendukung pertumbuhan otak dan syaraf, serta mencegah cacat pada janin.

Kalsium

Sama seperti vitamin D3, kalsium berguna untuk memperkuat tulang dan gigi baik pada induk kucing maupun bayi kucing dalam rahim. Kalsium yang cukup juga akan mencegah terjadinya cacat pada janin. 

Rekomendasi Merek Makanan Kucing Hamil 

Di pasaran sudah banyak beredar makanan khusus kucing hamil berbagai merek. Tetapi tentu saja sebagai pemilik anda harus memperhatikan komposisi nutrisi dan vitamin yang terkandung dalam makanan kucing tersebut. Berikut penjelasan beberapa merek makanan kucing hamil yang bisa dipilih :

1. Royal Canin Queen

Merupakan varian makanan kucing yang diberikan kepada calon indukan kucing mulai dari masa birahi atau masa kawin sampai masa kehamilan. Makanan kucing ini berguna untuk mendukung program kehamilan dan memperkuat rahim kucing agar lebih mudah dibuahi. Serta memelihara rahim agar lebih kuat.

2. Royal Canin Mother And Baby

Varian makanan kucing ini diberikan kepada induk kucing pada saat sudah melahirkan dan anakan kucing mencapai umur sekitar 1 bulan. 

Itulah penjelasan lengkap terkait makanan kucing hamil yang bagus bagi induk kucing dan janinnya. Proses peralihan pemberian makanan kucing biasa ke makanan kucing khusus hamil harus diperhatikan dan dilakukan secara perlahan. Mulai dengan mencampurkan 25% makanan khusus kucing hamil dengan 75% makanan yang biasanya selama 5 sampai 7 hari.

Baca Juga: Cara Efektif agar Kucing Mau Makan

Selanjutnya anda bisa menaikkan porsi makanan khusus hamil secara perlahan setiap minggunya, sampai dengan 100%.

This post have 0 komentar


:) :( hihi :-) :D =D :-d ;( ;-( @-) :P :o -_- (o) :p :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ $-) (y) (f) x-) (k) (h) cheer lol rock angry @@ :ng pin poop :* :v 100

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement