Inilah 7 Penyebab Kucing Muntah-Muntah

author photo Februari 08, 2020
penyebab kucing muntah muntah

Memelihara kucing sebenarnya tidak sesulit yang diperkirakan. Kita hanya perlu  memberinya asupan nutrisi yang seimbang, rajin membersihkan kandangnya, serta menjaga kesehatan kucing. Namun selain masalah kurangnya nafsu makan pada kucing, kasus kucing muntah-muntah juga cukup membuat pemiliknya kwatir.

Sebenarnya, apa yang menjadi penyebab kucing muntah? dan bagaimana cara mengatasinya? Yuk, simak ulasan berikut!

7 Penyebab Kucing Muntah

Ketika kucing tiba-tiba muntah, hal ini bisa membuat panik pemiliknya. Ada berbagai penyebab mengapa kucing bisa muntah. Diantaranya adalah:
Kucing Kekenyangan
Kucing Kekenyangan :P

1. Kucing mengalami keracunan

Biasanya seorang pemilik kucing tidak akan bisa mengawasi selama 24 jam. Secara otomatis mereka pun kurang mengerti apa saja yang telah dimakan si kucing, kecuali mereka ditempatkan pada kandang yang terkunci rapat. 

Kucing bisa saja mengalami muntah jika mengonsumsi makanan yang bisa membuatnya keracunan. Contohnya saja sampah, makanan basi, mengonsumsi bangkai hewan, serta melahap makanan yang ternyata mengandung racun.

2. Kucing terpapar virus

Seperti halnya manusia, kucing juga dapat terpapar virus. Terlebih lagi jika mereka sering bermain di tempat-tempat yang kotor dan penuh bakteri. Lingkungan yang kotor mampu membuat tubuh dari si kucing ditempeli virus yang berbahaya.

Salah satu virus yang paling mematikan apabila sampai masuk ke tubuh kucing adalah virus Panleukopina. Virus ini sangat berbahaya jika berhasil menginfeksi saluran pencernaan kucing. Sehingga kucing akan mengalami suatu penyakit yang disebut dengan penyakit “muntah kuning”.

Virus Panleukopina tercatat sebagai penyebab penyakit muntah kuning serta penyumbang angka kematian kucing tertinggi di dunia. Virus ini bisa menular sehingga kucing yang terpapar hendaknya diisolasi biar tidak menggangu kucing lainnya.

3. Menelan bulu atau hairballs

Penyebab lain adalah muntah bulu. Anda pasti pernah mendapati kucing memuntahkan gumpalan bulu dari tenggorokannya. Hal ini disebabkan ketika kucing menjilati bulu di tubuhnya, ada sebagian yang akhirnya nyangkut di lidah dan gigi. Tak jarang kumpulan bulu tersebut akhirnya tertelan sehingga menyebabkan kucing muntah.

4. Kucing terlalu kenyang

Kadang saat kita memberikan makanan kesukaan kucing, Ada kalanya jika kucing terlalu banyak makan hingga kekenyangan. Ternyata kekecangan juga bisa menyebabkan si kucing menjadi muntah-muntah.

5. Alergi makanan tertentu

Seekor kucing yang memuntahkan kembali makanannya bisa jadi memiliki alergi. Anda tidak boleh menyepelekan hal ini. Karena alergi pada kucing harus segera ditangani oleh dokter hewan. Apabila terlambat, kucing bisa mengalami sakit parah.

6. Adanya virus

Parasit mampu masuk ke dalam sistem pencernaan kucing melalui makanan yang tidak sehat. Selain melalui makanan, parasit juga dapat masuk melalui bulu dari kucing tersebut. Anda harus pergi ke dokter hewan jika terdapat parasit pada tubuh kucing. 

7. Kucing hamil

Seperti halnya manusia, kucing akan mengalami muntah jika terdeteksi adanya pembuahan di rahimnya. Muntah yang dialami oleh kucing karena hamil tidak berbahaya dan merupakan hal yang wajar.

Nah itulah 7 penyabab kucing muntah, dengan mengetahui penyebabnya, kita bisa lebih mudah untuk mengetahui apa yang harus dilakukan untuk memberikan penolongan pertama. Di artikel selanjutnya kami akan mengajak kamu untuk mengetahui cara mengatasi kucing muntah.

Author: Brenda

This post have 0 komentar


:) :( hihi :-) :D =D :-d ;( ;-( @-) :P :o -_- (o) :p :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ $-) (y) (f) x-) (k) (h) cheer lol rock angry @@ :ng pin poop :* :v 100

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement