Aneka Makanan dari Buah Gandaria Khas Ambon

author photo Mei 29, 2020


Gara-gara makan salah satu postingan di https://labs.jawarakonten.com/ dan ketemu yg ukuran kecil dan mirip banget sama buah Gandaria, jadilah pengen banget makan buah warna orange dengan biji ungu ini. Tapi mana ada Gandaria di Perancis. Ya sudah, terpaksa makan Buah Kaki pejamin mata ngebayangin aja makan Gandaria. Rasa Kaki yang manis berubah menjadi kecut manis nan seger dengan aroma terpentin khas Buah Gandaria. Ngebayangin juga makan ikan dicowel pake sambel gandaria, berlalapan ria dengan daun gandaria atau saat makan manisan dan minum juice gandaria. Nyam nyam.



Buah Gandaria

Pembaca udah pernah belon makan gandaria yang mateng ? Banyak yang belon khan ? Kayaknya kalo di pulau jawa, buah gandaria lebih sering dipanen saat masih berwarna hijau, dan digunakan sebagai pelengkap sambal untuk dimakan dengan ikan goreng maupun ikan bakar. Kadang juga dijadikan sambal untuk udang. Selama aku di Bogor sering juga ngelalap daun gandaria. Kalau di Ambon buah ini hanya dipetik saat sudah matang berwarna kuning orange dan dikonsumsi sebagai buah segar, dijadikan manisan atau dijuice.


Gandaria (Bouea macrophylla Griff.) di Indonesia di kenal dengan nama Gandaria, atau Ramania, sedangkan di Malaysia disebut buah Kundang. Nama2nya yang lain dalam bahasa daerah : gandaria (Jawa), jatake, gandaria (Sunda), remieu (Gayo), barania (Dayak ngaju), dandoriah (Minangkabau), wetes (Sulawesi Utara), Kalawasa, rapo-rapo kebo (Makasar), buwa melawe (Bugis).


Di negara lain buah ini dikenal dengan nama – nama : mango plum, Marian plum and gandaria (English); ma-praang, somprang, ma-yong (Thailand); Gandaria (spanish); kundang, rembunia, setar (Malaysia), pflaumenmango (German).


Pohon Gandaria termasuk pohon dengan ukuran yang gede, bisa sampai 27 m, dari biji sampe berbuah butuh waktu minimal 8 tahun, tetapi kalo mo berbuah dengan cepat pake teknik sambung pucuk bisa berbuah setelah umur 5 atau 6 tahun.

 

Gandaria Hijau vs Gandaria Ranum

Kandungan Nutrisi Buah Gandaria per 100 gram buah menurut Divisi Nutrisi Depkes Thailand (The Nutrition Division of the Thai Department of Health) : air 86.6 g, protein 40 mg, lemak 20 mg, karbohidrat 11.3 g, serat 150 mg, calcium 9 mg, phosph 4 mg, zat besi 0.3 mg, Beta karotin 23 mg, thiamine 0.11 mg, riboflavin 0.05 mg, niacin 0.5 mg dan vitamin C 100 mg.


Pusing baca kandungan nutrisi ? Ya sudah mari kita ke yang praktis praktis saja. Gimana kita memanfaatkan buah ini. Ini resep berdasar daya ingat aja ya, pokoknya garis besarnya dikasih, ntar bisa diimprovisasi sendiri, pasti enak aja kok. OK mari kita mainkan.


Aneka Makanan dari Buah Gandaria

Ingin tahu makanan apa saja aneka makanan buah gandaria? simak ulasan kami berikut ini.

Sambal Dadak Gandaria.

Gerus bersamal cabe rawit, cabe merah besar, terasi bakar (kalo suka), garam dan gula jawa secukupnya. Terakhir masukin Gandaria muda (masih hijau) di belah dan ditumbuk kasar saja. Bila suka tambahkan minyak jelantah, tapi ingat minyak jelantah itu gak sehat untuk kesehatan.


Kalo di luar negeri gak ada gandaria gimenong dong ?


SSsst Ibu Jempol pernah bereksperimen sambal gandaria bule, caranya ambil wild cherry yang masih mengkel, masih warna hejo, gantikan gandari dengan buah ini, cuman jangan lupa buang bijinya. Hmmm enak, gak beda kok dengan gandaria asli.

 

Manisan Gandaria.

Gandaria mengkel dibelah dua, terus direndam semaleman dalam larutan air garam, tiriskan. Buat larutan gula (air + gula secukupnya sesuai selera + kalo suka tambahkan kayu manis batangan), didihkan, dinginkan. Rendam gandaria dalam larutan ini, simpan di lemari es, nikmati dingin beberapa jam kemudian. Nyam nyam.

 

Juice Gandaria.

Nah yang ini lebih gampang banget, tinggal iris2 gandaria ranum bagaikan iris mangga, masukin ke juicer, tambahkan gula sesuai selera, es batu dan susu kental manis jika suka, jalankan juicer. Selesai deh, selamat menikmati juice gandaria yang lezat.


Baca Juga: Hero Mobile Legend untuk Rangked


Ngomong-ngomong di Betawi skarang masih banyak gak buah gandaria. Berapaan ya sekilo sekarang gandaria ? Atau udah jarang temukan buah ini. Jangan-jangan buah gandaria udah punah di betawi karena pohonnya sudah ditebang semua, menjelma menjadi Gandaria City ?

This post have 0 komentar


:) :( hihi :-) :D =D :-d ;( ;-( @-) :P :o -_- (o) :p :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ $-) (y) (f) x-) (k) (h) cheer lol rock angry @@ :ng pin poop :* :v 100

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement